Bebasan adalah salah satu jenis atau bentuk basa rinengga dalam bahasa Jawa. Ya, mari kita sederhanakan dengan sebuah persamaan untuk mendapatkan penggambaran. Basa rinengga bisa disamakan dengan gaya bahasa yang ada di pembelajaran Bahasa Indonesia. Maka bebasan adalah bentuk bahasa sastra yang dengan sengaja disusun supaya indah dengan tujuan tertentu.
PENGERTIAN BEBASAN
Bebasan adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang penggunaannya
sudah pasti, bermakna konotatif, dan mengandung pengumpamaan yaitu keadaan dan perilaku seseorang. Bebasan disebut ungkapan yang
penggunaannya pasti karena ungkapan seperti itu sudah ada sejak dahulu dalam
perkembangan kesusastraan Jawa dan disampaikan turun-temurun sebagai folklor
lisan. Bermakna konotatif bermakna bebasan menggunakan bahasa kiasan atau arti yang tidak sesungguhnya.
CIRI-CIRI BEBASAN
Bebasan sebagai salah satu bentuk basa rinengga memiliki ciri
sebagai berikut.
- Bebasan merupakan bentuk folklor lisan yang diungkapkan
turun-temurun dalam tradisi lisan.
- Bebasan menggunakan bahasa konotatif atau arti tidak
sesungguhnya.
- Bebasan mengandung pengumpamaan, yaitu mengumpamakan keadaan dan
perilaku seseorang.
CONTOH BEBASAN
Contoh bebasan yang sering digunakan dalam masyarakat dan
pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah sebagai berikut.
- Kebak luber kocak-kacik tegese wong kang owah pikire (orang yang sakit jiwa).
- Lahang karoban manis
tegese wong kang bagus rupane utawa wanita kang ayu tur wewatakane ya luhur (orang yang baik lahir dan
batinnya).
- Nabok nyilih tangan
tegese namakake tumindak ala sarana kongkonan (berbuat buruk dengan cara
memerintah orang lain).
- Kocak iku tandha lukak tegese wong kang sugih omong pratandha durung akeh
kawruhe (orang yang suka membual tanda orang yang belum banyak
pengetahuannya).
- Suduk gunting tatu loro tegese nindakake sawijining bab wasanane nandhang
kapitunan luwih sawarna (melakukan suatu hal yang menyebabkan kerugian lebih
dari satu).
- Nitipake daging satengkel utawa sairis tegese unen-unen wong tuwa sing nitipake anake wadon
marang wong lanang sing ngepek bojo (ungkapan untuk orang tuwa yang
menyerahkan putrinya kepada laki-laki yang mempersuntingnya).
- Ngaub awar-awar
tegese ngawula marang wong kang mlarat tanpa panguwasa (mengabdi kepada orang miskin dan
tidak memiliki kekuasaan).
- Beras wutah arang bali menyang takere tegese samubarang kang wis owah arang-arang bisa bali
becik kaya mula bukane (segala sesuatu yang sudah rusak jarang bisa kembali
baik seperti semula).
- Lanang kemangi
tegese wong lanang sing jirih (laki-laki penakut).
- Sawat abalang wohe tegese
priya ngarah marang wanita utawa sawalike kanthi minta sraya marang sedulure
wong sing diarah mau (seorang laki-laki yang menginginkan wanita atau
sebaliknya dengan meminta tolong kepada saudara orang yang diinginkan
tersebut).
- Ora uwur ora sembur
tegese wong tuwa sing ora menehi bandha lan pitutur becik marang anake (orang tua yang tidak memberikan
harta benda dan nasehat baik kepada anaknya).
- Nututi balang wis tiba tegese nusuli basa utawa rembug sing wis kawetu (manambahkan ucapan yang sudah
pernah disampaikan).
- Kerot tanpa untu
tegese nduwe panjangka naning ora nduwe srana (memunyai keinginan namun tidak
memiliki modal atau sarana).
- Idu didilat maneh
tegese njabel janji sing wis kaucapake (menjabut janji yang pernah
diucapkan).
- Madu balung tanpa isi tegese regejegan amarga barang sing sepele (bertengkar karena berebut barang
yang tidak seberapa).
- Padu jiwa dikanthongi tegese pinter banget padu utawa pinter banget ngikel
basa (pandai dalam hal berbicara).
- Ngangsu banyu ing kranjang tegese maguru nanging sawise oleh kawruh tundhane ora
dipigunakake (berguru namun setelah mendapatkan ilmu tidak mau
mengamalkan).
- Wedi rai wani silit tegese
wedi ing pangarepan mung wani saka mburi (takut dari depan namun hanya berani
dari belakang).
- Ngubak-ubak banyu bening tegese gawe rerusuh ana ing panggonan sing ayem
tentrem (membuat kerusuhan di tempat yang aman tenteram).
- Cikal atapas limar
tegese kabegjan kang elok langkane (keberuntungan yang sangat langka
kejadiannya).
- Emban cindhe emban siladan tegese ora padha cara pangrengkuhe (tidak sama perlakuannya).
- Dikena iwak aja nganti buthek banyune tegese kang sinedya bisaa kena nanging aja nganti
agawe gendra (yang diinginkan bisa diperoleh namun jangan sampai membuat
kerusuhan).
Demikian pembahasan mengenai bebasan ini, semoga bermanfaat. Mari melestarikan bahasa dan sastra Jawa. (*)
No comments:
Post a Comment